Senin, 07 Maret 2011

misteri di balik kesenian sunda!!

okey para blogger , ketemu lagi d postingan saya yg ke (berapa poho deui) hhe

sekarang saya akan sedikit mengulik tentang "misteri" salah satu kesenian sunda yg saat itu sedang 'naik daun' nih di kancah kebudayaan sunda , yg sekarang sepertinya sudah hampir tenggelam karena hanya sedikit yg membudayakannya yaitu

Misteri Tari Ronggeng

#asal usul tari ronggeng
Berasal dari jawa barat, ada tarian khas yang bernama tari ronggeng. Tari ronggeng ini secara umum merupakan sebuah bentuk kesenian tradisional dengan tampilan seorang atau lebih penari. Biasanya dilengkapi dengan gamelan dan nyanyian atau kawih pengiring. Penari utamanya adalah seorang perempuan yang dilengkapi dengan sebuah selendang. Fungsi selendang, selain untuk kelengkapan dalam menari, juga dapat digunakan untuk “menggaet” lawan (biasanya laki-laki) untuk menari bersama dengan cara mengalungkan ke lehernya.
Ada beberapa versi tentang asal usul tari ronggeng salah satunya cerita berikut ini hanya jalan ceritanya yang berbeda. Dalam versi ini perkawinan antara Dewi Siti Samboja dan Raden Anggalarang, putra Prabu Haur Kuning dari Kerajaan Galuh, tidak direstui oleh ayahnya. Untuk itu, pasangan suami-isteri tersebut mendirikan kerajaan di Pananjung, yaitu daerah yang kini merupakan Cagar Alam Pananjung di objek wisata pangandaran. Suatu saat kerajaan tersebut diserang oleh para perompak yang dipimpin oleh Kalasamudra, sehingga terjadi pertempuran. Namun, karena pertempuran tidak seimbang, akhirnya Raden Anggalarang gugur. Akan tetapi, istrinya, Dewi Siti Samboja, berhasil menyelamatkan diri.dan mengembara. Dalam pengembaraannya yang penuh dengan penderitaan, sang Dewi akhirnya menerima wangsit agar namanya diganti menjadi Dewi Rengganis dan menyamar sebagai ronggeng. Di tengah kepedihan hatinya yang tidak terperikan karena ditinggal suaminya, Dewi Rengganis berkelana dari satu tempat ke tempat lainnya. Tanpa terasa, gunung-gunung telah didaki dan lembah-lembah dituruni. Namun, di matanya masih terbayang bagaimana orang yang dijadikan tumpuan hidupnya telah dibunuh para perompak dan kemudian mayatnya diarak lalu dibuang ke Samudera Hindia.
Singkat cerita, pergelaran ronggeng akhirnya sampai di tempat Kalasamudra dan Dewi Samboja dapat membalas kematian suaminya dengan membunuh Kalasamudra ketika sedang menari bersama.
Mungkin awal kemistisan tarian ini dari sini, saat tari ronggeng digunakan untuk membalas dendam sehingga seolah-olah tarian ini berbau mistis dan kematian..

berikut gambar ilustrasi mengenai penari ronggeng

                                                *ilustrasi ronggeng dukuh paruk

#berbau mistis

Tak dapat dipungkiri tarian ini memiliki hal-hal mistis yang sangat kuat. Banyak yang beranggapan, bahwa penari ronggeng disetir oleh arwah-arwah penasaran yang menyusup ke dalam jiwa penari tersebut sehingga sering jahil kepada penontonnya.
Tarian ini selain sebagai sarana pertunjukan juga dimainkan saat ada upacara-upacara adat seperti perkawinan, khitanan atau penerimaan tamu. Mengingat fungsinya yang demikian, maka sebelum pertunjukan dimulai, diadakan sesajen untuk persembahan kepada para leluhur dan roh-roh yang ada di sekitar tempat digelarnya tarian, agar pertunjukan berjalan dengan lancar. Bentuk sesajennya terdiri atas kue-kue kering tujuh macam dan tujuh warna, pisang emas, sebuah cermin, sisir, dan sering pula ditemukan rokok sebagai pelengkap sesaji.

okey , cuman segitu infrmasi yg saya posting tentang Misteri Tari Ronggeng .. 
selanjutnya saya akan mengulik tentang salah satu lagu yg sering di bawakan sebagai lagu pengiring pentas ronggeng . 
yaitu :

Misteri di balik lagu Bangbung Hideung

Menulis tentang misteri ronggeng ini, saya teringat akan kisah nyata yang pernah saya dengar di salah satu radio, bangbung hideung merupakan salah satu tembang yang digunakan dalam pentas ronggeng, konon lagu ini jika diputar akan memanggil makhluk gaib sehingga dapat menarik lawan jenis agar ikut menari dengan penari ronggeng.
Singkat cerita, dulu ada seorang wanita yang berprofesi sebagai hantu ronggeng, dapat dikatakan ia bersekutu dengan jin agar ia dapat terlihat cantik dan seksi, setiap malam selasa ia akan mandi di sebuah bak kecil sementara di sekelilingnya ada makhluk gaib yang sedang bermain gamelan dan seorang wanita menggunakan topeng yang menari-nari dengan gerakan yang menakutkan diiringi lagu bangbung hideung ini.



Selalu ada hikmah di balik setiap peristiwa. Kehidupan ini terlalu banyak dimensinya untuk diselami. Tetapi satu yang pasti, dunia gaib memang tidak bisa dipungkiri keberadaannya. Mereka senantiasa ingin dihargai dan dihormati keberadaannya, tetapi tidak untuk dipuja dan didewakan, bahkan mengajaknya bersekutu.
Cukup untuk menyadari keberadaan mereka sebagai makhluk Tuhan juga, itu sudah bagus. Hanya cukup tahu saja.

Di atas semuanya, alangkah bijaknya kita, jika kita lebih mengerti dengan pasti, bahwa kitalah makhluk Tuhan yang paling sempurna dan mulila yang DIA ciptakan.
Maka, kita dapat selalu memberdayakan segala sesuatu menurut kodratnya, tanpa menyentuh dasar-dasarnya.

see you in the next posting !


2 komentar:

  1. de itu yang lagu bambung hideung pasti denger di ardan ya ceritanya?hihihi

    BalasHapus
  2. iya teh :) hehe tteh waktu itu denger?

    BalasHapus